Cara Menghitung Dana Pensiun untuk Masa Depan, Yuk Simak! Suivre un blog

wesirenti Wesi Renti Siapapun pasti mendambakan hari tua yang nyaman dan sejahtera tanpa masalah finansial, bukan? Supaya hal ini tak hanya menjadi mimpi dan keinginan semata, maka hal ini harus direncanakan sematang mungkin sejak dini. 0 critiques
Histoire non vérifiée

#entrepreneurship #f&b #restaurant #business
Cara Menghitung Dana Pensiun untuk Masa Depan, Yuk Simak!
AA Partager

Cara Menghitung Dana Pensiun untuk Masa Depan, Yuk Simak!

Siapapun pasti mendambakan hari tua yang nyaman dan sejahtera tanpa masalah finansial, bukan? Supaya hal ini tak hanya menjadi mimpi dan keinginan semata, maka hal ini harus direncanakan sematang mungkin. Hal ini bisa dipikirkan dengan mempersiapkan dana pensiun sebaik mungkin sejak dini. Seperti apakah dana pensiun itu dan bagaimana cara menghitung dana pensiun yang benar? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Cara Menghitung Dana Pensiun

Pada cara menghitung dana pensiun, pada dasarnya adalah memperhitungkan dana yang harus disiapkan untuk dapat menutup jumlah pengeluaran selama masa pensiun hingga sisa usiamu. Caranya adalah dengan menggunakan rumus sederhana, yaitu mengalikan estimasi usia hidup dengan jumlah biaya hidup per bulan. Misalnya, perkiraan biaya hidup di masa pensiun nanti sama seperti saat ini yaitu Rp 7 juta sebulan. Lalu, kamu berencana pensiun di usia 55 tahun dengan prediksi hidup hingga usia 70 tahun. Maka, selama rentang 15 tahun masa pensiun (70 dikurangi 55 tahun), total biaya hidup yang perlu ditabung untuk dana pensiun adalah 15 x 7 juta x 12 (jumlah bulan dalam setahun) atau sama dengan Rp 1,26 miliar.

Nah, sesuai estimasi tersebut, bagi kamu yang saat ini berusia 25 tahun, maka waktu menabung untuk persiapan dana pensiun adalah selama 30 tahun. Jika dirata-ratakan, jumlah tabungan pensiun per tahun yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 42 juta per tahun atau Rp3,5 juta sebulan.

Meskipun demikian, perhitungan dana pensiun masih banyak memiliki beberapa faktor eksternal. Misalnya kondisi atau harga gaya hidup di masa yang akan datang, serta kebutuhan tak terduga yang bisa saja muncul. Kemudian, untuk menghitung apakah pengeluaran saat ini setara dengan nilai yang akan keluarkan semasa pensiun nanti, kamu juga perlu memasukkan inflasi.

Setelah mengetahui bagaimana cara menghitung berapa dana pensiun yang harus disiapkan, kini kamu perlu paham bagaimana cara mempersiapkan dana pensiun sejak dini dengan matang. Simak yuk!

1. Siapkan Aset Masa Tua

Ketika telah memasuki masa pensiun, kamu pasti menginginkan untuk berhenti bekerja dan tinggal istirahat di rumah saja. Oleh karena itu, ada setidaknya 3 aset yang sudah harus disiapkan menjelang usia senja, yakni aset bisnis (untuk tetap berkegiatan selama pensiun), aset kertas (untuk sumber biaya hidup semisal deposito atau saham), dan aset properti (untuk tempat tinggal).

2. Pertimbangkan Penghasilan Tambahan

Selagi masih muda, kamu bisa mencoba mempertimbangkan pemasukan tambahan untuk memenuhi alokasi kebutuhan hari tua nanti. Ada banyak cara dalam mendapatkan pekerjaan sampingan di era digital seperti saat ini. Sehingga kamu tak perlu khawatir, meski gaji kamu pas-pasan, kamu masih punya cukup tabungan untuk simpanan hari tua.

3. Belajar Menyesuaikan Gaya Hidup

Kondisi finansial di masa pensiun nanti sebagian besar akan bergantung pada bagaimana kamu menentukannya saat ini. Gaya hidup bukanlah sesuatu yang bisa diubah begitu saja, kamu harus membiasakan diri untuk bijak dalam pengelolaan keuangan agar tenang di hari tua.

4. Optimis

Sama halnya dalam mengumpulkan tabungan untuk suatu kebutuhan, dalam mempersiapkan dana pensiun juga dibutuhkan optimisme agar kamu tetap semangat dan yakin bisa mencapai hari tua dengan tenang dan nyaman.

Itu dia cara menghitung dana pensiun yang bisa kamu sesuaikan. Jangan lupa siapkan dana pensiun sejak dini sebaik mungkin untuk mempersiapkan hari tuamu dengan baik!

5 Août 2022 07:07:24 0 Rapport Incorporer 0
~

Histoires en lien